Jembatan Kayu Tanam dibangun awal 2019 - www.arlo.web.id

Arlomediatama

test banner

Jembatan Kayu Tanam dibangun awal 2019

Share This

Jembatan Kayu Tanam dibangun awal 2019

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Sugiyartanto mengatakan bahwa pembangunan jembatan permanen di jalan nasional penghubung Padang-Bukittinggi, Sumatera Barat yang ambruk Senin (10/12) akan dilakukan awal 2019.
Direktur Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Sugiyartanto (dua kanan) saat meninjau jembatan ambruk di 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumbar, Rabu


"Diperkirakan jembatan permanen tersebut dibangun dengan dana sekitar Rp8 miliar sampai Rp10 miliar," katanya saat mengunjungi pembangunan jembatan darurat di 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Suma

Ia menyebutkan panjang jembatan yang akan dibangun tersebut sekitar 30 meter yang didesain dan lelangnya selesai dalam dua bulan ke depan.

"Lebarnya sama dengan yang lama ini," katanya.

Lama pembangunan jembatan tersebut sekitar tujuh bulan sehingga akhir tahun 2019 sarana transportasi itu sudah dapat dilalui oleh pengendara.

"Nanti jalur ini akan dapat dilewati seperti semula," ujarnya.

Untuk sementara, lanjutnya pihaknya membangun jembatan darurat agar transportasi jalur nasional tersebut tidak terganggu.

Pembangunan jembatan darurat tersebut juga sebagai antisipasi arus liburan Natal 2018.

Tidak saja di jembatan tersebut, lanjutnya untuk menghadapi libur Natal 2018 pihaknya juga mempersiapkan alat berat di sejumlah daerah rawan longsor.

"Jadi kami dapat segara membuang material ketika terjadi longsor," kata dia.

Jembatan yang berada di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat ambruk, akibat terjangan arus sungai yang kuat pada Senin (10/12) malam.

Akibat ambrolnya jembatan ini, kendaraan roda empat dan truk dari Padang menuju Bukittinggi dan sebaliknya alihkan sementara melalui Malalak dan Solok.

Pemerintah kini mulai memasang jembatan panel untuk mempermudah akses lalu lintas sebelumnya jembatan permanen dibangun.

Jembatan panel tersebut diperkirakan selesai dua tiga hari ke depan.

Sumber : https://sumbar.antaranews.com/berita/238165/jembatan-kayu-tanam-dibangun-awal-2019

Pages