P6-ATAV, Mobil Militer Buatan Lokal yang Ditumpangi Jokowi - www.arlo.web.id

Arlomediatama

test banner

P6-ATAV, Mobil Militer Buatan Lokal yang Ditumpangi Jokowi

Share This

P6-ATAV, Mobil Militer Buatan Lokal yang Ditumpangi Jokowi

Pagi tadi dalam kunjungannya ke mabes TNI di Cilangkap, Presiden Joko Widodo terlihat menumpangi sebuah mobil flyer alias mobil rantis (kendaraan taktis).

Bernama P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle) mobil yang satu ini sontak menarik perhatian. Meskipun sebenarnya ini bukan kali pertama Jokowi menaiki mobil jip 4x4. Mobil yang satu ini sebenarnya juga sempat menjadi kendaraan bagi Presiden Jokowi di acara HUT RI ke-72 di Kementerian Pertahanan, tahun 2017 silam.













P6-ATAV sendiri adalah mobil produksi dalam negeri. Lebih tepatnya mobil rantis ini adalah produkan teranyar dari PT.Sentra Surya Ekajaya (SSE) yang bermarkas di Tangerang, Banten.
Spesifikasi
Mobil rantis buatan lokal ini sendiri didesain tanpa pintu dan memiliki ukuran yang lebih lebar ketimbang kendaraan sejenis. Dengan dimensi 4,6 x 2,3 x 1,5 meter (panjang x lebar x tinggi), P6-ATAV tampil gagah dengan bodi yang kekar. Selain itu masih ditambahkan juga derek di bagian depan mobil.
Bagian eksterior mobil ini dibuat dengan material steel high grade dan dual alumunium yang membuat bodinya tahan peluru namun tetap lincah dan ringan. Ya, dibanding kendaraan serupa bobot P6-ATAV sendiri dapat dikatakan lebih enteng dengan bobot 'hanya' 2 ton.

Untuk mesin, P6-ATAV dilengkapi dengan mesin turbo Diesel empat silinder dengan kubikasi 2.300 cc yang diletakan di bagian belakang. Dengan mesin tersebut P6-ATAV mempu menghasilkan tenaga 142 daya kuda (dk) pada 3.400 rpm. Tidak heran kalau mobil rantis ini mampu melaju sampai dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
P6-ATAV sendiri menggunakan suspensi independen layaknya kendaran off-road lainnya.
Saat tangki bahan bakar yang berkapasitas 120 liter terisi penuh, mobil ini dapat menempuh jarak 500 kilometer.
Sebagai mobil militer P6-ATAV sendiri dilengkapi dengan dudukan senjata pada bagian atas (upper gun mounting) dan bagian samping (side gun mounting). Sedangkan pada bagian ban, meski tidak dilengkapi kemampuan lapis baja, keempat rodanya sudah menggunakan ban run flat yang mampu menahan terjangan proyektil.
Warna hitam yang melekat pada rantis 4x4 ini secara tidak langsung menjadi penanda bahwa P6-ATAV dibuat khusus sebagai kendaraan komando.
Sumber : https://kumparan.com/@kumparanoto/p6-atav-mobil-militer-buatan-lokal-yang-ditumpangi-jokowi


Pages