Cara Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK - www.arlo.web.id

Arlomediatama

test banner

Cara Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK

Share This
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis karya publikasi ilmiah dalam konteks pengembangan keprofesian guru secara berkelanjutan (PKB). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sejatinya dijadikan sebagai upaya berkesinambungan untuk perbaikan dan peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran sehingga pada gilirannya berdampak pada upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan. Baik-buruknya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan sangat ditentukan oleh baik- buruknya perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran yang dikelola guru. Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sejatinya tidak hanya hanya ditujukan untuk kepentingan pragmatis dalam arti sempit, yaitu sebagai syarat untuk kenaikan pangkat dan selama periode kenaikan pangkat guru tidak lagi melakukannya. PTK sejatinya merupakan sarana bagi guru untuk mengembangkan profesinya secara berkelanjutan, melakukan inovasi pembelajaran serta dalam upaya melakukan perbaikan pembelajaran secara berkesinambungan (learning continous improvement).

Tidak dapat dimungkiri bahwa selama ini pengembangan profesi guru dalam kaitannya dengan kenaikan pangkat mengalami banyak kendala. Kendala mendasar yang dialami guru adalah akibat rendahnya kemampuan guru melakukan penelitian tindakan kelas dan rendahnya “budaya menulis” dikalangan guru. Namun, rendahnya kemampuan guru melakukan penelitian tindakan kelas dan rendahnya “budaya menulis” di kalangan guru tersebut disadari bukan karena guru tidak memandang perlu perbaikan dalam pembelajaran, bukan pula karena guru tidak mengetahui cara membuat karya tulis atau karya publikasi ilmiah yang bernama PTK. Masalah yang mendasar adalah guru sering kebingungan tentang bagaimana menulis, dari mana mengawali menulis, serta apa yang harus ditulis dalam sebuah proposal atau Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Buku Cara Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK ini diharapkan menjadi inspirasi bagi guru untuk mulai menulis sehingga guru bisa menulis dan menjadikan budaya menulis sebagai kebiasaan. Melakukan dan menulis PTK tidak sulit, yang sulit adalah “kemauan untuk memulai menulis”.
Detail Buku :
Judul : Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK
Penulis : Dr. H. Dadang Yudhistira, Drs., S.H., M.Pd
Penerbit : Grasindo
ISBN : 978-602-251-079-6
Jumlah Halaman : 235

Pages