APA ITU OJS ? - www.arlo.web.id

Arlomediatama

test banner

APA ITU OJS ?

Share This

APA ITU OJS ? OJS merupkan Singkatan dari Open Journal Systems, Open Journal Systems (OJS) adalah manajemen jurnal dan penerbitan sistem yang telah dikembangkan oleh Proyek Pengetahuan Umum melalui upaya yang didanai pemerintah federal untuk memperluas dan meningkatkan akses ke penelitian.

“Scholars need the means to launch a new generation of journals committed to open access, and to help existing journals that elect to make the transition to open access…”
Budapest Open Access Initiative, 2002
OJS merupakan software yang dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai berikut.
FITUR OJS
OJS diinstal secara lokal dan dikendalikan secara lokal.
Terdapat Konfigurasi editor persyaratan, bagian, proses review, dll
Pendaftaran online dan pengelolaan semua konten.
Modul berlangganan dengan tertunda pilihan akses terbuka.
Pengindeksan konten  yang komprehensif yang merupakan bagian dari sistem global.
Reading Tools untuk konten, berdasarkan bidang dan pilihan editor .
Email pemberitahuan dan kemampuan  komentar untuk pembaca.
Konteks-sensitif lengkap dukungan Bantuan online.
OJS membantu setiap tahap proses penerbitan , dari pengajuan sampai publikasi online dan pengindeksan. Melalui sistem manajemen, pengindeksan halus berbutir penelitian, dan konteks yang  menyediakan untuk penelitian, OJS berusaha untuk meningkatkan kualitas ilmiah dan penelitian.

OJS adalah perangkat lunak open source yang tersedia secara bebas untuk jurnal di seluruh dunia untuk tujuan membuat akses terbuka penerbitan pilihan yang layak untuk lebih jurnal, akses terbuka dapat meningkatkan pembaca jurnal serta kontribusinya terhadap kepentingan publik dalam skala global.



1)     Jurnal Pelangi

Jurnal Pelangi adalah media publikasi ilmiah dengan fokus pada manajemen pendidikan. Junal Pelangi berisi hasil penelitian di bidang perencanaan, implementasi dan evaluasi pendidikan.

2)     Jurnal Economica

Jurnal Economica adalah jurnal ynag terbit setiap semester dibidang disiplin pendidikan ekonomi dan ekonomi. Jurnal ini berfokus pada: Hasil penelitian tentang pengembangan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, tenaga kerja, dan pengangguran, pengelolaan sumber daya alam, hasil penelitian tentang akuntansi keuangan, akuntan publik, perpajakan, dan manajemen keuangan, hasil penelitian tentang manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, hasil penelitian tentang ekonomi pendidikan: kurikulum, media dan pembelajaran ekonomi, lingkungan belajar, perilaku belajar, evaluasi hasil belajar.

3)     Jurnal TELL-US

Jurnal Tell-Us adalah jurnal yang diterbitkan dua kali setahun (Maret dan September) di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat. Telah diterbitkan dalam bentuk cetak sejak Maret 2015 dan Open Journal System (OJS) sejak November 2015. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan karya ilmiah untuk dosen, peneliti, mahasiswa, dan praktisi Indonesia dan luar negeri untuk menyajikan ide-ide, konsep dan teori dalam bahasa Inggris, Linguistik, Sastra, dan Pendidikan.

4)     Jurnal Bakaba

Jurnal Bakaba merupakan jurnal sejarah, kebudayaan dan pendidikan yang diterbitkan oleh program study pendidikan sejarah STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal ini untuk menyebarluaskan penelitian dan artikel konseptual di bidang histtory, budaya dan pendidikan


5)     Jurnal Edik Informatika


Jurnal Edik Informatika (JEI) adalah jurnal Program Studi Informatika STKIP PGRI Sumatera Barat. JEI menerbitkan artikel penelitian, artikel teknis, artikel konseptual, dan laporan studi kasus dan teknologi pendidikan



6)     Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains


Jurnal Riset Edukasi dan Sains jurnal Edik Informatika (JEI) adalah jurnal Program Studi Informatika STKIP PGRI Sumatera Barat.



7)     Jurnal Counseling Care

Jurnal counseling care adalah jurnal dengan E-ISSN 2581-0650 yang diterbitkan dua kali setahun (April dan Oktober) oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal counseling care  sudah ada sejak 2016 dalam bentuk cetak. Tujuan dari jurnal ini adalah sarana publikasi karya ilmiah untuk dosen, peneliti, mahasiswa, dan praktisi untuk mempresentasikan ide, konsep, dan teori-teori baru mereka di bidang psikologi dan bimbingan dan konseling
   
8)     Jurnal Ilmu Sosial Mamangan


Jurnal Ilmu Sosial Mamangan dengan nomor registrasi ISSN 2301-8496 (Print) dan ISSN 2503-1570 (Online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi pendidikan Sosiologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal ini adalah untuk menyebarkan penelitian dan artikel konseptual di bidang sosial dan kemanusiaan.

9)     Jurnal Spasial


Jurnal spasial merupakan media publikasi ilmiah dengan skop jurnal adalah penelitian dan terapan ilmu geografi serta pendidikan geografi yang direview oleh dewan redaksi secara objektif dan diterbitkan dalam 4 kali setahun (Maret, Juni, September dan Desember). Fokus jurnal Spasial adalah untuk mempublikasikan hasil penelitian dosen, peneliti dan mahasiswa dibidang geografi dan pendidikan geografi.


10) Jurnal BioCONCETTA


Jurnal BioConsetta adalah jurnal yang diterbitkan dua kali setahun (Juli dan Desember) oleh Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Telah diterbitkan sejak 2015 dalam bentuk cetak dan 2016 di Open Journal System (OJS). Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan karya ilmiah bagi para dosen, peneliti, mahasiswa, dan praktisi Indonesia dan luar negeri untuk menghadirkan ide-ide baru


11) Jurnal LEMMA


Jurnal Lemma adalah jurnal yang diterbitkan dua kali setahun (Juni dan November) oleh program studi pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat. Telah diterbitkan sejak 2015 dalam bentuk cetak dan 2016 di Open Journal System (OJS). Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan karya ilmiah untuk dosen dan peneliti Indonesia, luar negeri, mahasiswa, dan praktisi untuk menyajikan ide-ide baru, konsep dan teori dalam pendidikan matematika dengan bentuk artikel penelitian empiris dan teoritis.

12) Jurnal Gramatika


Jurnal Gramatika adalah jurnal yang diterbitkan dua kali setahun (April dan Oktober) oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan karya ilmiah untuk dosen dan peneliti Indonesia, luar negeri, mahasiswa, dan praktisi untuk menghadirkan ide-ide, konsep dan teori baru dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia


Pages