Pemkab Tanah Datar Dorong Generasi Muda Hafizd Al Quran - www.arlo.web.id

Arlomediatama

test banner

Pemkab Tanah Datar Dorong Generasi Muda Hafizd Al Quran

Share This
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, mendorong generasi muda daerah itu untuk menjadi penghafal (hafizd) Al Quran.

"Orang yang hafizd atau hafal Al Quran, berdasarkan penelitian para ahli terbukti mempunyai pemikiran dan kepintaran melebihi orang yang tidak hafizd," kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi usai melaksanakan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Raya Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan, Jumat.

Ia menyebutkan untuk menghafal dan membaca Al Quran dibutuhkan konsentrasi fikiran dan pemahaman bacaan yang tinggi sehingga merangsang otak bekerja, dan faktor inilah yang membuat orang menjadi pintar.

"Disamping itu, orangtua yang rajin membaca Al Quran jarang yang pikun di usia tuanya. Itulah salah satu khasiat dan keuntungan membaca Al Quran," katanya.

Ia menjelaskan Tanah Datar mempunyai visi dan misi menjadikan kabupaten yang madani, berbudaya dan sejahtera.

"Pemerintah daerah terus berupaya melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan seperti Shalat Subuh dan Maghrib Berjamaah, mendorong pembangunan Pondok Tahfizd dan Program Jumat Bersih, serta reward bagi siswa yang hafizd Al Quran mulai dari satu sampai 30 juz," katanya.

Ia menyampaikan pada 2017 ini reward kepada anak-anak yang hafizd Al Quran akan diikutkan dalam kegiatan studi banding internasional ke negara Malaysia dan yang paling banyak hafizd diberi reward Umrah ke Tanah Suci Makkah.

"Saya mengimbau para orangtua untuk mendorong anak-anaknya untuk bisa hafizd Al Quran, karena dapat menjauhkan anak kita dari perbuatan dosa, sekaligus menjadi benteng dari pengaruh luar yang akan merusak aqidah dan moralnya," katanya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Nagari Batu Taba, Basrizal mengapresiasi program keagamaan yang dibuat pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan masyarakat Tanah Datar yang madani.

"Mari bersama kita wujudkan Tanah Datar yang madani berlandaskan filosofi adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah," katanya.

Ia menyebutkan bahwa masyarakat bersama pemerintah daerah bertekad akan menyelaraskan antara pembangunan fisik dan mental serta akhlak berdasarkan nilai-nilai Islam, adat dan budaya.

Sumber : http://www.antarasumbar.com/berita/201991/pemkab-tanah-datar-dorong-generasi-muda-hafizd-al-quran.html

Pages